Kamis, 16 Juni 2016

Kota Pasuruan (Budaya, Makanan dan Ciri Khas)

Kota Pasuruan merupakan kota yang terletak di sebuah kota yang berprovinsi di Jawa Timur. Jumlah penduduk yang ada di kota Pasuruan sekitar kurang lebih 208.079 jiwa. Pasuruan juga disebut dengan kota santri. Kebudayaan yang ada di kota Pasuruan bernuansa islami. Berikut adalah kebudayaan, Makanan dan Ciri Khas yang ada di kota Pasuruan.


  • Tari Terbang Bandung
 
Tari terbang bandung
Tari terbang bandung merupakan gabungan dari drama tari dan musik. Tari terbang bandung terdiri dari penari, dua orang penabuh ketipung, satu orang penabu jidor dan empat orang penabuh terbang. Durasi penampilan sekitar 10 menit. Untuk syair-syair lagu yang dimainkan kebanyakan bercerita tentang Hasan-Husein, Fajar Shodiq, Fatimah dan lain sebagainya.
  • Pencak Silat Kuntu Mancilan
Pencak silat kuntu mancilan
Pencak silat kuntu mancilan merrupakan seni bela diri yang sudah berkembang sejak jaman pemerintahan Belanda di Indonesia. Kekhasan dari seni bela diri ini adalah pendekarnya tidak hanya mengandalkan kekuatan fisik, tetapi berusaha mengisinya dengan berbagai ilmu kanuragan.
  •  Seni Hadrah Al Banjari
Seni hadrah al banjari
Seni Hadrah Al Banjari merupakan kesenian yang bernaskan islami. Seni Hadrah Al Banjari biasa dimainkan di acara sunatan, pernikahan dan hari-hari besar umat islam.
  • Kotekan Lesung / Tabuh Lesung
Kotekan Lesung
Tabuh lesung merupakan suatu bentuk kesenian yang unik dan menarik. Merupakan tradisi masyarakat pedesaan yang selalu dimainkan pada saat para petani panen padi.Selain sebagai hiburan pada saat menumbuk padi, pada masa perjuangan Kotekan Lesung ini dimanfaatkan sebagai isyarat rahasia untuk membantu para pejuang saat pasukan Belanda tiba. Para penabuh biasanya memainkan lagu-lagu tertentu seperti Londo Teko dan Rok-rok Asem.
  • Bipang Jangkar
Bipang Jangkar

Bipang Jangkar merupakan makanan khas pasuruan. Pabrik bipang jangkar menjadi satu dengan tokonya yang terletak di pasar besar kota pasuruan. Makanan tersebut banyak dicari oleh masyarakat luar kota dan makanan tersebut sangat digemari oleh masyarakat pasuruan sendiri.
  • Rawon Nguling
Rawon Nguling
Rawon nguling merupakan masakan khas pasuruan. Rumah makan rawon nguling ini terletak di kabupaten pasuruan yang berbatasan dengan probolinggo. Rawon ini sangatlah melegenda yang dicari-cari oleh masyarakat luar kota pasuruan. Saat ini rawon nguling bisa dinikmati diberbagai daerah seperti; Malang, Surabaya.
  • Batik Pasuruan
Contoh dari Batik Pasuruan
Batik adalah warisan nenek moyang dengan cita rasa intemasional. Keberadaan batik di Indonesia memang sudah menyatu kuat dengan denyut nadi kehidupan masyarakat Indonesia. Hampir di seluruh daerah di Indonesia dapat ditemukan mahakarya ini dengan ciri khasnya masing-masing. Tidak terkecuali Kota Pasuruan yang menonjolkan corak kembang sirih dan burung kepodangnya.

Sumber:klik disini  www.google.com,   www.wikipedia.comhttp://bipangjangkar.co.idhttp://pasuruankota.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar